Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen

Studi Kasus Pada JCo Donuts & Coffee MKG

  • Imelda Aprileny Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Yulietta Regar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Abstract Views = 1528 times
Full Text [PDF] DOWNLOADS = 4367 times
Keywords: Kualitas produk, citra merk, kepuasan konsumen, Loyalitas konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen J.Co Donuts & Coffee. Penelitian menggunakan deskripsi kuantitatif dengan cara mengumpulkan semua data dan informasi yang diperoleh pada lokasi penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis keadaan yang sebenarnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen J.Co Donuts & Coffee Mall Kelapa Gading, dan mendapatkan sampel responden sebanyak 80 orang. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi parsial & berganda, analisis koefisien determinasi parsial & berganda, serta uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi dan determinasi, hasil menunjukkan bahwa koefisien korelasi parsial kualitas produk terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar 0,270 dengan nilai KDP sebesar 7,29%. Koefisien korelasi parsial citra merek terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,430 dengan nilai KDP sebesar 18,49%. Koefisien korelasi parsial kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,480 dengan nilai KDP sebesar 23,04%. Koefisien korelasi berganda kualitas produk, citra merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,862 dengan nilai KDB sebesar 74,30%. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial, kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan t 0,017 < 0,10. Citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan t 0,000 < 0,10. Kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan t 0,000 < 0,10. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan, kualitas produk, citra merek, dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan F 0,000 < 0,10.

References

Anwar, Sanusi, 2014. “Metodologi Penelitian Bisnis”. Penerbit Salemba Empat.

Assauri Sofian, 2012. Manajemen Pemasaran . Jakarta: Rajawali Press.

DA. Sutisna, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, (Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2012). Kotler, Philip. Principles of Marketing, Edisi Tiga belas, (USA: pearson 2013).

F. Tjiptono, Gregorius Chandra. Service, Quality & Satification. Edisi Ketiga. (Yogyakarta: 2012).

Kotler, Philip. dan Garry Amstrong. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Penerbit Erlangga, 2012.

Kotler, Philip. dan Garry Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi Tiga belas, Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limitied.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran 2, (Jakarta, Erlangga:2013).

Lupiyoadi, Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Lupiyoadi.Rambat, dan Ahmad Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua, (Jakarta: Salemba Empat, 2013).

Muh. Irawan, Manajement Pemasaran Modern. Liberty, (Yogyakarta, 2013).

Purbayu Budi Santosa, 2013. “Analisis Statistik”.

Sugiyono, 2012. “Statistika Penelitian”. Semarang, Universitas Diponegoro.

Suryani, Perilaku Konsumen. Jilid 2, (Jakarta: Erlangga, 2012). William Saccani, et al Management, (USA: Prentice Hall 2012).

Published
2018-10-01
How to Cite
Aprileny, I., & Regar, Y. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 15(2), 13 - 33. https://doi.org/10.36406/jam.v15i02.162
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)