Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020

  • Krisnando Krisnando Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Reza Novitasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Abstract Views = 335 times
PDF DOWNLOADS = 3586 times

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Struktur Modal, pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaa Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan strategi penelitian asosiatif dengan tipe kausalitas pendekatan kuantitatif dan metoda analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi data panel, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisisen determinasi dengan menggunakan Eviews 10. Populas dari penelitian ini adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2020. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan consumer goods sehigga total obserasi dalam penelitian ini sebanyak 64 observasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi melalui situs resmi IDX: www.idx.co.id. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analissi regresi linier data panel dengan tingkat signifikansi 5% maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Secara parsial Struktur Modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (2) Pertumbuhan Perusahaan berpengaruh negative tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (3) Firm Size berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (4) Secara simultan struktur modal, pertumbuhan perusahaan, dan firm size berpengaruh positive signifikan terhadap Nilai Perusahaan.

 

Kata Kunci: Sruktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Firm Size, Nilai Perusahaan

Published
2021-10-28
How to Cite
Krisnando, K., & Novitasari, R. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 71 - 81. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.436