Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

(Studi Kasus Supermarket Ardevon Rawamangun Jakarta)

  • Yusuf Suhardi Indonesian Collage of Economics (STEI)
  • Achmad Syachroni
  • Agustian Burda
  • Arya Darmawan
Abstract Views = 39 times
PDF DOWNLOADS = 34 times
Keywords: Keragaman Produk, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan di Supermarket Ardevon Cabang Rawamnagun Jakarta. Strategi penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah strategi penelitian casual. yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara minimal dua variabel atau lebih dan mencari sebab dan akibat. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisi regresi berganda. Jumlah sampel sebanyak 97 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposivesampling. Berdasarkan hasil perhitungan, regresi di dapatkan konstanta 0,415, b1 0,344 , b2 0,243 b3 0,404 pada Koefisien determinan ( KD) diperoleh R2 (R Square) sebesar 0,608 atau (60,8%). Sedangkan sisanya sebesar 39,2% dipengaruhi oleh variabel lain.  Dari hasil uji hipotesis Uji t parsial didapatkan X1 dan Y t hitung > t tabel  (3,688 > 1,985)  maka Ho ditolak atau Ha diterima , X2 dan Y t hitung> t tabel ( 3,907> 1,985 ) maka Ho ditolak atau Ha diterima, X3 dan Y nilai t hitung > t tabel ( 5,781> 1,985 ) maka Ho ditolak atau Ha diterima dengan ɑ sebesar 5 % , pada Uji F simultan antara keragaman produk, persepsi harga dan kualitas pelayanan dapat disimpulkan bahwa nilai F hitung> F tabel ( 48,035 > 2,70 ) kesimpulannya maka Ho ditolak atau Ha diterima  bahwa, secara parsial dan simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan.

Published
2020-12-21
How to Cite
Suhardi, Y., Syachroni, A., Burda, A., & Darmawan, A. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal STEI Ekonomi, 29(2), 17 - 30. https://doi.org/10.36406/jemi.v29i2.340