ANALISIS KINERJA KOPERASI JASA KEUANGAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN (KJK-PEMK) PEMPROV DKI JAKARTA

  • Muhammad Yusuf dan Apry Linda Diana Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
Abstract Views = 242 times

Abstract

Koperasi Jasa Keuangan Kelurahan Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi (KJK PEMK) adalah program desa program pemberdayaan masyarakat (PPMK) yang ditujukan semata-mata pada pembangunan ekonomi saja. Demikian pula, program pemberdayaan masyarakat desa (PPMK), Pemberdayaan Ekonomi Koperasi Jasa Keuangan Masyarakat Kelurahan (KJK PEMK-) bertujuan untuk membantu memberdayakan kaum miskin, terutama di Jakarta dengan menyediakan dana bergulir yang akan digunakan sebagai modal kerja untuk kesejahteraan masyarakat miskin di bidang usaha mikro di setiap desa dengan tujuan sebagai sarana bagi masyarakat miskin ke layanan keuangan dapat meningkatkan daya saing ekonomi anggota melalui penguatan modal, bimbingan dan mentoring yang dilakukan oleh kelompok-kelompok Islam serta nilai tambah prinsip mengekedepankan saling menguntungkan juga diharapkan dapat memberikan andil yang nyata untuk mengatasi masalah dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

            Masalah yang terbatas dalam penelitian ini adalah observasi sistem akuntansi yang meliputi pencatatan, pengelolaan keuangan untuk pelaporan keuangan telah berjalan dan proses manajerial yang meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, dan Pengendalian Actuating Pemberdayaan Ekonomi Koperasi Jasa Keuangan Masyarakat Kelurahan (KJK -PEMK). Periode yang digunakan dalam studi kasus pada Koperasi Jasa Keuangan Kelurahan Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi (KJK- PEMK) adalah periode 2011-2012.
            Dalam penelitian ini, yang dipilih menjadi objek penelitian adalah Koperasi Jasa Keuangan Desa (KJK PEMK-) di Kawasan DKI Jakarta pendapingan program yang dilakukan oleh Fund Management Unit Bergulir (UPDB) pada tahun fiskal 2011-2012. Ruang lingkup penelitian meliputi sistem informasi akuntansi yang meliputi proses pencatatan dan pelaporan proses keuangan dan manajerial yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dan kinerja periode 2011-2012.
Published
2016-05-27
How to Cite
Yusuf, M. Y. dan A. L. D. (2016). ANALISIS KINERJA KOPERASI JASA KEUANGAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN (KJK-PEMK) PEMPROV DKI JAKARTA. Jurnal STEI Ekonomi, 22(02). https://doi.org/10.36406/jemi.v22i02.35