PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA BAGI UKM (USAHA KECIL MENENGAH PADA ONLINE MARKET PLACE)

  • Ervian Permana Permana Universitas Ma Chung
Abstract Views = 829 times
Untitled DOWNLOADS = 0 times

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikenal sebagai salah satu kontributor utama bagi pertumbuhan ekonomi, pembangunan dan pekerjaan. Tulisan ini akan membahas bagaimana menggunakan media sosial untuk UKM di pasar online. Hubungan pelanggan yang baik 'adalah penting untuk keberhasilan usaha kecil dan media sosial menfasilitasi pengembangan hubungan. UKM memiliki dua masalah, yaitu masalah internal dan eksternal. Perusahaan dapat menggunakan jaringan sosial untuk membentuk hubungan dengan pelanggan. 

Namun, E-Commerce di Indoinesia belum dapat benar-benar membantu bisnis karena faktor-faktor seperti sumber daya terdidik dan informasi, kesadaran, adopsi rendah, infrastruktur teknologi terbatas dan pengetahuan individu. Kegiatan pemasaran melalui aplikasi online yang memungkinkan produksi informasi dan menjadi berkolaborasi antara pengguna (Kaplan dan Haenlein, 2010) dan mobile dan berbasis web teknologi leverage untuk membuat media interaktif di mana pengguna dan kelompok berbagi anggota, co-menciptakan, membahas, dan memodifikasi dikenal sebagai user-generated content (Kietzmann, dkk, 2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi media sosial di UKM kemudahan, fleksibilitas, dan biaya. Namun, penggunaan media sosial juga Ancamannya untuk perusahaan, pertama, perusahaan ini tidak siap dengan keluhan pelanggan Memberikan melalui media sosial. Kedua, pelanggan menyoroti produk berbahaya melalui media sosial, dan banyak praktik yang tidak etis yang yang dilakukan oleh perusahaan

Published
2016-05-27
How to Cite
Permana, E. P. (2016). PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA BAGI UKM (USAHA KECIL MENENGAH PADA ONLINE MARKET PLACE). Jurnal STEI Ekonomi, 23(01). https://doi.org/10.36406/jemi.v23i01.43