Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Omzet Penjualan Produk Pakaian pada UMKM Inoy Daily Wear di Tasikmalaya
Abstract
Kondisi pada saat Covid-19 menuntut masyarakat melakukan segala aktivitas dari rumah untuk mengurangi penyebaran virus. Demi memenuhi kebutuhan, masyarakat akhirnya memilih melakukan pembelian secara online. Kondisi ini dimanfaatkan oleh pelaku usaha pakaian atau umkm di bidang fashio n di Tasikmalaya untuk melakukan pemasaran dan transaksi jual beli secara online untuk tetap bertahan ditengah pandemi saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan instagram terhadap omzet penjualan produk UMKM Inoy Daily Wear. Metode penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian penggunaan Instagram berpengaruh positif terhadap Omzet Penjualan. Artinya, semakin baik pengelolaan Instagram sebagai media promosi maka akan meningkatkan minat pembeli dan berdampak kepada Omzet Penjualan. Peningkatan dan pengelolaan isi konten Instagram Inoy Daily Wear yang sesuai dengan harapan konsumen, diharapkan mampu meningkatkan Omzet Penjualan.
References
Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyani, M., & Qadarwati, L. N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Omzet Penjualan Handphone Di Outlet Central IT Gresik. Gema Ekonomi (Jurnal Fakultas Ekonomi), 7(1), 70-78.
Erdogmus, I. E., & Çiçek, M. (2012). The Impact Of Social Media Marketing On Brand Loyalty. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 58:1353-1360.
Indraini, Anisa (2020, Juni) Kabar Baik ! Ini 3 Jurus Pemerintah Bantu UMKM yang Terdampak Corona. Detik.com.
Isnanda, Susanto, Mubarok, Stephanie, Putra, Munajat, E. (2013). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat).
Kotler, Philip & Gary Armstrong (2008). “Prinsip-prinsip Pemasaran” Erlangga : Jakarta.
Latief, Nurahmah (2019). “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Omzet Penjualan Handphone Pada Dp Store Makassar” Skripsi. Universitas Negri Makasar.
Lim, S. H., & Yazdanifard, R. (2014). How Instagram can be Used As a Tool in Social Network Marketing. Research Gate, 3.
Siregar, Sofyan (2011) Statistika Deskriptif Untuk Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Supriyanto. (2009). Metodologi Riset Bisnis. Indeks, Jakarta.
Swastha, Basu dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset
Thoyibie, L. (2010). Psikologi Social Media. http://komunikasi-indonesia.org..
Weber, L. (2009), Marketing to Social Web : How Digital Customer Communities Build Your bussines, Willey Inc
Copyright (c) the Author(s).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.