CONTEXTUAL FACTORS, MANAGEMENT ACCOUNTING SYSTEMS OF DESIGN AND MANAGERIAL PERFORMANCE IN BANTEN PROVINCE, INDONESIA

  • Dadan Ramdhani Ramdani Sultan AgengTirtayasa University (UNTIRTA), SerangBanten, Indonesia
Abstract Views = 311 times
Untitled DOWNLOADS = 0 times

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh ketidakpastian lingkungan yang dirasakan, ketidakpastian tugas dan budaya organisasi untuk pertunjukan manajerial di perusahaan manufaktur. Dalam penelitian ini juga menjelaskan peran mediasi (Intervensi) dari sistem akuntansi manajemen yang terhubung efek ketidak pastian yang dirasakan lingkungan, ketidakpastian tugas dan budaya organisasi terhadap kinerja manajerial melalui perbandingan efek langsung dan efek tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris yang mendukung perkiraan bahwa dirasakan ketidakpastian lingkungan, ketidakpastian tugas dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial perusahaan manufaktur. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan peran sistem akuntansi manajemen sebagai variabel mediasi (intervening) .Dalam penelitian ini dikeluarkan 60 sampel tetapi sampel yang dapat melanjutkan adalah 38 orang yang terdiri dari pemasaran, SDM, dan manajer operasional perusahaan manufaktur yang menjadi sampel penelitian.

Data dikumpulkan oleh survei langsung di perusahaan yang menjadi sampel penelitian dengan menyebarkan kuesioner manufaktur. Percobaan hipotesist diuji dalam empirik dengan regresi sederhana dan berganda dengan menggunakan smartPLS.The hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi ketidakpastian lingkungan, ketidakpastian tugas dan budaya organisasi secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja manajerial, dan terbukti bahwa sistem akuntansi manajemen dimediasi efek yang dirasakan lingkungan ketidakpastian, ketidakpastian tugas, dan budaya organisasi terhadap kinerja manajerial.

Published
2016-05-27
How to Cite
Ramdani, D. R. (2016). CONTEXTUAL FACTORS, MANAGEMENT ACCOUNTING SYSTEMS OF DESIGN AND MANAGERIAL PERFORMANCE IN BANTEN PROVINCE, INDONESIA. Jurnal STEI Ekonomi, 23(01). https://doi.org/10.36406/jemi.v23i01.45