Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening

(Studi Kasus Pelanggan Make Over Cosmetics Di Mall Metropolitan Bekasi)

  • Imelda Aprileny Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Devy Kartika Rizki Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Jayanti Apri Emarawati Universitas Persada Indonesia Jakarta
Abstract Views = 3004 times
Full Text [PDF] DOWNLOADS = 2199 times
Keywords: Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dengan studi kasus pengguna Make Over Cosmetics di Mall Metropolitan Bekasi. Bauran pemasaran terdiri dari empat variabel: (1) produk, (2) harga, (3) lokasi/saluran distribusi, (4) promosi. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian asosiatif yang diukur dengan menggunakan metoda analisis jalur dengan SPSS 24.00. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna/konsumen Make Over Cosmetics di Mall Metropolitan Bekasi, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan studi lapangan dengan menyebarkan kuesioner. Dalam penelitian ditemukan bahwa produk, lokasi/saluran distribusi, promosi secara langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Produk secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Promosi secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, Riska, dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9 (3), Hal 18-24.

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bulan, Tengku Putri L. 2017. Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Juragan Jasmine Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6 (1), 679-687.

Damanik, Puspa Y. dan Farah Oktafani. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik “By Lizzie Parra” (Blp) (Studi Pada Tayangan Beauty Vlog Lizzie Parra). e-Proceeding of Management, 4 (2), 1802-1811.

Darma, Moh. Budi, dkk. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2 (1), Hal 1-8.

Gayathri dan Kousika. 2016. A Study on Customer Satisfaction And Preference Towards Foreign Brand Cosmetics In Tirupur City. Intercontinental Journal Of Marketing Research Review, 4 (9), 9-17.

Ghozali, Imam. 2011. Multivariate Data Analysis. 7th Edition. New Jersey Pratice Hall.

Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Pemasaran, cetakan ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Dwi Kartini Yahya). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, dan Implementasi (Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusli : Penerjemah). Jakarta : Prenhallindo.

Kotler, Phillip and Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Prectice Hall, Inc.52

Kotler, Phillip dan G. Amstrong. 2014. Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 (Bob Sabran : Penerjemah). Jakarta: Erlangga.

Lumintang, Andrew. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1 (3), Hal 140-150

Mohammad, Nurul Aishah dan Dang Merduwati. 2016. Factors Influencing Customers’ Satisfaction And Brand’s Loyalty in Cosmetics Products Among Students. Research Hub, 2 (1), 1-5.

Pardede, Ratlan dan R. Manurung. 2014. Analisis Jalur. Jakarta: Rineka Cipta.

Savitri, Ida Ayu dan I Made Wardana. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Unud, 7 (10), Hal 5748-5782

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrum dan Salim. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, edisi ke-3. Yogyakarta: ANDI.

Wahab, Norsyheera dkk. 2016. The Relationship Between Marketing Mix and Costumer Loyalty in Hijab Industry: The Mediating Effect of Customer Satisfaction. Procedia Economics and Finance, Vol 37, 366-371

Wibisono, Dermawan. 2013. Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: ANDI.

Zebua, Manahati. 2018. Pemasaran Pariwisata, edisi Revisi, jilid 1. Yogyakarta: Budi Utama

Published
2022-07-19
How to Cite
Aprileny, I., Rizki, D., & Emarawati, J. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal STEI Ekonomi, 31(01), 37 - 51. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i01.544