Analisa Pengaruh Teknologi Informasi & Komunikasi terhadap Kewirausahaan dan Kinerja UMKM

  • Edy Aswandy Universitas Esa Unggul
  • Tatik Mariyanti Trisakti University
Abstract Views = 72 times
Full Text [PDF] DOWNLOADS = 100 times
Keywords: Teknologi Informasi, Komunikasi, Kewirausahaan, Kinerja UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap orientasi   kewirausahaan dan kinerja UMKM. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusha UMKM , sedangkan sampel dengan menggunakan rumus slovin berjumlah 391 orang, penyebaran kuisioner dipilih   secara  Proportionate stratified random sampling  .. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian persamaan struktural 1 menunjukkan teknologi informasi & teknologi berpengaruh signifikan terhadap orientasi   kewirausahaan. Untuk persamaan ke 2  menunjukkan teknologi informasi & teknologi dan orientasi  kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Sedangkan secara  simultan  menunjukkan bahwa variabel  teknologi informasi & teknologi dan orientasi   kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM  Implikasi dalam penelitian ini adalah Disperindagkop memberikan pelatihan pada UMKM manfaat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi lebih intensif dan pelatihan tersebut dilakukan tepat sasaran dan aplikatif sesuai kebutuhan. Untuk pengusaha UMKM harus dapat memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan usaha dan bersedia mengikuti pelatihan mengenai teknologi informasi dan komunikasi yang diadakan oleh disperindagkop maupun pihak yang lain.  

References

Anis, M (2018). Faktor Budaya dan Alih Teknologi pada Industri Batik Dalam Kerangka Ergonomi Makro. Seminar Nasional IENACO, pp. 106–110.

Anthony, R dan Govindarajan, Vijay (2005). Management Control System. Jakarta: Salemba Empat.

Aribawa (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM Di Jawa Tengah. E-Jurnal UAJY, 20 (1) :1-13.

Arikunto, Suharsimi (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barney, J. B (2001). Resource-Based Theories Of Competitive Advantage: A Ten-Year Retrospective On The Resource-Based View. Journal of Management, 27(6), 643–650.

Budhi, Nita (2011). Pengaruh Orientasi Strategi Kinerja Industri Kecil Menengah (IKM) di Semarang. Diponegoro Journal Of Management, Volume 22, Nomor 3, Halaman 70-82.

Boyatzis, Richard (2008). Competencies in The 21st Century. Journal of Management Development. Vol. 27 No. 1, pp. 5-12.

Daft, Richard L (2010). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Deeson, Eric (1991). Dictionary of Information Technology. United Kingdom. Harper Collins Publishers Glasgow.

Fahmi, Irham (2011). Analisis Laporan Akuntansi. Bandung: Alfabeta.

Fahreza, Achbar (2018). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Usaha Pada Home Industri Keramik H.Oma Bandung. Jurnal Bisnis dan Manajemen Universitas Padjajaran, Vol. 19 No.2, pp 30-45.

Frishammar, J and Horte, S. A (2007). The Role of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation for New Product Development Performance in Manufacturing Firms. Technology Analysis & Strategic Management 22(3): 251-266.

Gautama, Hadi (2003). Hambatan Dalam Implementasi Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menegah. Bandung: Alfabetha.

Gavrea, et al (2011). Determinants of Organizational Performance: The Case of Romania. Management & Marketing Challenges for the Knowledge Society (2011) Vol. 6, No. 2, pp. 285-300.

Gibson, James L (2012). Organizational Behavior, Structure, Processes. New York, NY 10020: McGraw-Hill.

Ginsberg, A. (2011). Measuring Changes in Entrepreneurial Orientation Following Industry Deregulation: The Development of a Diagnostic Instrument. Proceedings of International Council of Small Business.

Ghozali, Imam (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

International Telecommunication Union (2018). Measuring the Information Society 2017. MIS Exec_sum, 1, 1-24. Geneva.

Kementerian Koperasi (2019). Perkembangan UMKM di Indonesia Tahun 2014-2018. Jakarta: Penerbit Kementrian Koperasi.

Kuratko, D.F and Audretsch, D.B (2009). Strategic Entrepreneurship: Exploring Different Perspectives Of An Emerging Concept. Entrepreneurship Theory and Practice,1:1-17.

Kwartono, Adi ( 2007). Analisis Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta: Andi Offset.

Luthans, Fred (2006). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Martin, Gill (1991). The Relationship Of Information And Communication Technology To The Performance Of Small Businesses In London. Journal Of Business And Management, University Of London. Vol:13. pp:149-159.

Moorthy, M Krishna (2012). A Study on Factors Affecting the Performance of SMEs in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 2, No. 4 ISSN: 2222-6990

Morris, M and Paul, W (2007). Entrepreneurship as a Significant Factor in Societal Quality of Life. Journal of Business Research, 13, 1:21-36.

Mulyadi (2007). Balance Scorecard: alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatganda Kinerja Keungan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Noermijati. 2008. Aktualisasi Teori Herzberg, Suatu Kajian Terhadap Kepuasan dan Kinerja Spiritual Manajer Operasional (Penelitian di Perusahaan Kecil Rokok Sigaret Kretek Tangan di Wilayah Malang). Disertasi Pascasarjana Universitas Brawijaya.

Porter, Michael (2008). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing): Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Tangerang: Kharisma Publishing.

Primiana, Ina (2009). Menggerakkan Sektor Riil UKM dan Industri. Bandung: Alfabeta

Puskur Dinas Indonesia (2006). Kurikulum: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta.

Rewah, Jein Margarth (2018). Pengaruh Promosi Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Pengusaha Muda Universitas Klabat. Cogito Smart Journal/VOL. 4/NO.1/JUNE.

Ricardo, Ronald and Wade, David (2001). Corporate Performance Management. How to Build a better Organization Trough Management-Driven Strategic Alligment. Butterworth Heinemann USA.

Rudjito (2003). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Strategi Bisnis. Makalah Seminar Peran Perbankan Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama Lemhanas.

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger (2013). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta: Salemba Empat.

Sembiring, Masana (2012). Budaya dan Kinerja Organisasi (Perspektif Organisasi Pemerintah). Fokusmedia: Bandung.

Sinarasri, Andwiani (2013). Analisi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal, Prosiding Seminar Nasional 2013, ISBN :978-979-98438-8-3.

Slavkovic, Marko dan Babic, Verica (2013). Knowlegde Management, Innovativeness, and Organizational Performance: Evidence from Serbia. Economic Annals, volume LVIII, No. 199/ October-December 2013. Pp. 85-107.

Susanto, Azhar (2013). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Bandung: Lingga Jaya

Tyasari, Irma dan Mustikowati, Rita Indah (2014). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Modernisasi, Vol 10, No.1. Page 23-37.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Wardi (2017) PT

Wardoyo, Paulus; Rusdianti, Endang dan Sri, Purwantini (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Usaha Dan Kinerja Bisnis UMKM Di Desa Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kab Semarang. Diponegoro Journal Of Management, Volume 28, Nomor 2, Halaman 16-32.

Williams Brian and Sawyer, Stacey (2007). Using Information Technology. London: Greener Books.

Published
2022-08-16
How to Cite
Aswandy, E., & Mariyanti, T. (2022). Analisa Pengaruh Teknologi Informasi & Komunikasi terhadap Kewirausahaan dan Kinerja UMKM. Jurnal STEI Ekonomi, 31(01), 76 - 89. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i01.624