Pengaruh Audit Tenure, Rotasi Auditor dan Ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap Kualitas Audit dengan Fee Audit sebagai Variabel Moderasi

  • Mayang Sari Edastami Universitas Esa Unggul
Abstract Views = 57 times
Full Text [PDF] DOWNLOADS = 31 times
Keywords: Fee Audit, Audit Tenure, Kualitas Audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh fee audit dan audit tenure terhadap kualitas audit. Penelitian ini menggunakan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018 sebagai sampel. Sampel penelitian ini sebanyak 114 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling, dengan periode observasi selama 3 tahun. Model penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, jenis penelitian berupa penjelasan, penelitian ini untuk menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Penjelasan penelitian yang dipilih untuk jenis penelitian ini adalah dengan menjelaskan terdapat hipotesis yang akan diuji kebenarannya. Metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel ini adalah metode regresi logistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa fee audit berpengaruh positif terhadap kualitas audit dan audit tenure berpengaruh positif terhadap kualitas audit.

References

Akbar. (2017). Pengaruh Time Budget Pressure, Tenure Audit, dan Rotasi Audit Terhadap Kualitas Audit. Universitas Mercu Buana.

Andriani, Nursiani. (2017). Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure, Rotasi Audit, dan Reputasi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aulia, Purnomo. (2019). Pengaruh FEE Audit, Audit Tenure, Reputasi Auditor, dan Rotasi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Universitas Pamulang.

Darya, Puspitasari. (2017). Reputasi KAP, Audit Tenure, Ukuran Perusahaan Klien, dan Kualitas Audit. STIE Indonesia Banking School.

Indriani, Amin, Junaidi. (2020). Pengaruh Fee Audit, Rotasi KAP, dan Reputasi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Universitas Islam Malang.

Nanna, Dewi, Dwiyanti. (2019). Pengaruh Audit Tenure, Kompleksitas Audit, dan Time Budget Pressure Terhadap Kualitas Audit. Universitas Pendidikan Nasional.

Nizar. (2017). Pengaruh Rotasi, Reputasi, dan Spesialisasi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurintiati, Purwanto. (2017). Pengaruh Tenure KAP, Ukuran KAP, Spesialiasi KAP dan Audit Fee Terhadap Kualitas Audit Dengan Moderasi Komite Audit. Universitas Diponegoro.

Pramaswaradana, Astika. (2017). Pengaruh Audit Tenure, Fee Audit, Rotasi Audit, Spesialiasi Audit, dan Umur Publikasi Pada Kualitas Audit. Universitas Udayan Bali.

Rinanda, Nurbaiti. (2018). Pengaruh Audit Tenure, Fee Audit, Ukuran Kantor Akuntan Publik,dan Spesialisasi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Universitas Telkom.

Sochib, Witjaksono. (2018). Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure, dan Reputasi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang.

Wahyuni, Dewi, Trisna, Savitri. (2019). The Effect of Auditor Independence, Fee Audit, Audit Tenure Toward Audit Quality. Universitas Pendidikan Ganesha.

Published
2022-08-16
How to Cite
Edastami, M. (2022). Pengaruh Audit Tenure, Rotasi Auditor dan Ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap Kualitas Audit dengan Fee Audit sebagai Variabel Moderasi. Jurnal STEI Ekonomi, 31(01), 90 - 101. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i01.625