Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan

Studi Kasus pada Sekolah Olahraga Binasehat Bekasi

  • Yusuf Suhardi Indonesian Collage of Economics (STEI)
  • Zulkarnaini Zulkarnaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Agustian Burda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Arya Darmawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Adila Nur Klarisah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Abstract Views = 4027 times
Full Text [PDF] DOWNLOADS = 4603 times
Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di sekolah olah raga Binasehat di Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel bebas yaitu: Harga (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Fasilitas (X3) dan terdapat 1 variabel terikat yaitu Kepuasan Pelanggan (Y). Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 105 responden dan seluruh variabel diukur menggunakan skala Likert.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis yang digunakan adalah Uji t dan koefisien determinasi menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan, variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dan variabel Fasilitas berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Kontribusi pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 28,4%, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 48,6% dan kontribusi pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan sebesar 65,2%.

References

Akbar, M. F., Ariyanto, A., & Sudarsono, A. (2021). Pengaruh Fasilitas Olahraga Terhadap Kepuasan Pelanggan Member Sport Club Meadow Terrace BSD. 2(1), 21–28.

Anwar, Iful, Budhi Satrio (2015), Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 4, No 12

Apriliani, Ni Luh Putu, Ni Putu Nita Anggraini, Pande Ketut Ribek (2022) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali, Jurnal Emas E-ISSN : 2774-3020 Vol 3 Nomor 3 Maret 2022

Batubara, Maryam. (2022), Purnama Ramadani Silalah, Sri Aderafika Sani, Rima Rizki Syahputri, Vega Liana. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara, Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Volume 4 No 5 (2022) 1327-1342 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351, |Volume 4 Nomor 5

Isnaini, S. (2018). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan ( LKP ) Andini Jombang.Bima: Journal of Business and Innovation Management,1(1), 69–81.

Khumaini, Sabik, Fahrudin , Samsuri (2022) Pengaruh Fasilitas Layanan Internet Banking Dan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tangerang. Al Maal : Journal of Islamic Economics and Banking E-ISSN Vol Hlm DOI 2580 - 3816 3 No 2, 143 – 153 10.31000

J. Ismanto.(2020). Manajemen Pemasaran, no. 1. Pamulang: Unpas Press.

Lee, S., Y. (2017). Service Quality of Sports Centers and Customer Loyalty. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.

Lupiyadi, (2012) Manajemen Pemasaran Jasa ; Berbasis Kompetensi (ketiga). Erlangga .

Martono, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pengguna Kolam Renang Universitas Negeri Yogyakarta Kampus Wates. Medikora, 18(1), 27–32. https://doi.org/10.21831/medikora.v18i1.29193

Osman, F. (2018).(Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Musik di Centro Course). 25(November), 18–26.

Kotler, P dan Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller, K, L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 2 . Terjemahan Oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Pradeep, S., Vadakepat, V., & Rajasenan, D. (2020). The effect of service quality on customer satisfaction in fitness firms.Management Science Letters, 10(9), 2011–2020. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.2.011.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta.

Rutjuhan, A., & Ismunandar, I. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Mahfoed Life Gym. Pamator Journal, 13(1), 105–109. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7015.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dengan Metode R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Andi Offset.

Tjiptono, F . dan Chandra, G . (2016). Service Quality and Satisfaction. Edisi ke-4 Yogyakarta.

Published
2022-11-11
How to Cite
Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 31 - 41. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.718

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>