Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan
Studi Kasus pada Sekolah Olahraga Binasehat Bekasi


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di sekolah olah raga Binasehat di Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel bebas yaitu: Harga (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Fasilitas (X3) dan terdapat 1 variabel terikat yaitu Kepuasan Pelanggan (Y). Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 105 responden dan seluruh variabel diukur menggunakan skala Likert. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis yang digunakan adalah Uji t dan koefisien determinasi menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan, variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dan variabel Fasilitas berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Kontribusi pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 28,4%, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 48,6% dan kontribusi pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan sebesar 65,2%.
References
Akbar, M. F., Ariyanto, A., & Sudarsono, A. (2021). Pengaruh Fasilitas Olahraga Terhadap Kepuasan Pelanggan Member Sport Club Meadow Terrace BSD. 2(1), 21–28.
Anwar, Iful, Budhi Satrio (2015), Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 4, No 12
Apriliani, Ni Luh Putu, Ni Putu Nita Anggraini, Pande Ketut Ribek (2022) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali, Jurnal Emas E-ISSN : 2774-3020 Vol 3 Nomor 3 Maret 2022
Batubara, Maryam. (2022), Purnama Ramadani Silalah, Sri Aderafika Sani, Rima Rizki Syahputri, Vega Liana. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara, Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Volume 4 No 5 (2022) 1327-1342 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351, |Volume 4 Nomor 5
Isnaini, S. (2018). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan ( LKP ) Andini Jombang.Bima: Journal of Business and Innovation Management,1(1), 69–81.
Khumaini, Sabik, Fahrudin , Samsuri (2022) Pengaruh Fasilitas Layanan Internet Banking Dan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tangerang. Al Maal : Journal of Islamic Economics and Banking E-ISSN Vol Hlm DOI 2580 - 3816 3 No 2, 143 – 153 10.31000
J. Ismanto.(2020). Manajemen Pemasaran, no. 1. Pamulang: Unpas Press.
Lee, S., Y. (2017). Service Quality of Sports Centers and Customer Loyalty. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.
Lupiyadi, (2012) Manajemen Pemasaran Jasa ; Berbasis Kompetensi (ketiga). Erlangga .
Martono, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pengguna Kolam Renang Universitas Negeri Yogyakarta Kampus Wates. Medikora, 18(1), 27–32. https://doi.org/10.21831/medikora.v18i1.29193
Osman, F. (2018).(Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Musik di Centro Course). 25(November), 18–26.
Kotler, P dan Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P dan Keller, K, L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 2 . Terjemahan Oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Pradeep, S., Vadakepat, V., & Rajasenan, D. (2020). The effect of service quality on customer satisfaction in fitness firms.Management Science Letters, 10(9), 2011–2020. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.2.011.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta.
Rutjuhan, A., & Ismunandar, I. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Mahfoed Life Gym. Pamator Journal, 13(1), 105–109. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7015.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dengan Metode R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Andi Offset.
Tjiptono, F . dan Chandra, G . (2016). Service Quality and Satisfaction. Edisi ke-4 Yogyakarta.
Copyright (c) 2022 Jurnal STEI Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.
Jurnal STEI Ekonomi (JEMI) and Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal STEI Ekonomi (JEMI) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed originally and send to the Editorial e-mail: jurnal.stei.ekonomi@stei.ac.id
Download Copyright Transfer Agreement here