Penerapan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM di Wilayah Kecamatan Cilincing


Abstract
UMKM menjadi ujung tombak dalam memajukan perekonomian negara karena telah memberikan kontribusi Produk Domestik Bruto dan menambah lapangan kerja. Ditengah persaingan ketat menghadapi begitu pesatnya peningkatan penggunaan internet, persaingan global dan perkembangan teknologi ini menjadi peluang bagi para pelaku usaha atau UMKM dalam penggunaan strategi digital marketing untuk mendukung operasional usaha mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan digital marketing sebagai sarana promosi produk UMKM di wilayah Kecamatn Cilincing. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pelaku usaha atau UMKM diwilayah Kecamatan Cilincing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial yang sering digunakan adalah Facebook, Instagram dan Whatsapp. Platform tersebut dinilai lebih efektif dgunakan dalam berkomunikasi dengan konsuman. marketplace yang sering digunakan para pelaku usaha atau UMKM ialah Shopeefood dan E-order (Paltform Pemda DKI Jakarta) sebagai media penjualan produk. kendala yang serig dihadapi para pelaku usaha/ UMKM dalam penerapan digital marketing iala koneksi internet yang tidak stabil, proses pengiriman yang terhambat akibat pangsa pasar, kurangnya wawasan dan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam membuat konsten dan memasarkan produk serta kurangnya tenaga kerja untuk membantu proses penjualan digital.
Kata Kunci : Digital Marketing, Sarana Promosi, UMKM