Pentingnya Need For Achievement, Need for Power dan Need for Affiliation Individu pada Suatu Organisasi
Abstract
Peningkatan keuntungan dan persaingan perusahaan dapat dilaksanakan dengan memperhatikan aspek sumber daya manusia di dalamnya. Sumber daya manusia berpengaruh dalam meningkatkan daya saing perusahaan, inovasi, kreativitas baru dan menjaga citra perusahaan. Sumber daya manusia yang baik dapat meningkatkan motivasi kerja dan nilai tambah bagi perusahaan. Motivasi merupakan penggerak atas perlakuan suatu individu yang berkaitan dengan kebutuhan, keinginan dan ambisi dalam kehidupan. Need for achievement, need for power dan need for affiliation adalah tiga teori kebutuhan milik McClelland dengan mengemukakan bahwa ketiga teori tersebut menjadi latar belakang motivasi. Tujuan penelitian ini adalah membahas ketiga teori McClelland dan korelasinya bagi para individu di sebuah organisasi. Metode yang digunakan pada penelitian yakni studi literature, dengan mengumpulkan informasi dari berbagai penelitian terdahulu ditemukan bahwa teori kebutuhan milik McClelland paling tepat untuk diaplikasikan dalam kehidupan nyata, serta penggunaan teori kebutuhan McClelland pada organisasi dalam meningkatkan kinerja individunya dapat dengan dua cara, yakni mengidentifikasi penggerak kebutuhan dan merencanakan pendekatan organisasi terhadap individu tersebut.
References
Johnson, J., Irizarry, M., Nguyen, N., & Maloney, P. (2018). Part 1: Foundational Theories of Human Motivation. Florida: University of Central Florida Libraries. Retrieved from http://stars.library.ucf.edu/motivationforpublicservants/1
Kelley, S. (2015, September). What is Motivation in Management? - Definition, Process & Types. Retrieved from Study: http://study.com/academy/lesson/what-is-motivation-in-management-definition-process-types.html
Mind Tools. (2017, March 5). McClelland's Human Motivation Theory. (M. T. Team, Ed.) Retrieved from MindTools.com: https://www.mindtools.com/pages/article/human¬motivation¬theory.htm
McClelland, D. (1961). The Achieving Society. New York: D.Van Nostrand Company, Inc.
Osemeke, M., & Adegboyega, S. (2017). Critical Review and Comparism between Maslow, Herzberg and McClelland's Theory of Needs. Funai Journal of Accounting, 1(1), 161-173.
Sharma, G., & Sharma, A. (2017). Achievement Motivation among Executives and Technocrats. Global Journal of Human-Social Science: A Arts & Humanities - Psychology, 17(7), 1-4.
Sinha, D. K. (2015). McClelland's Need for Achievement Theory. Retrieved February 2019, from Your Article Library: http://www.yourarticlelibrary.com/entreprene
Utami, N. W. (2017, July 20). 2 Aset Penting yang Wajib Dijaga Perusahaan. Retrieved February 2019, from Jurnal: https://www.jurnal.id/id/blog/2017-2-aset-penting-yang-wajib-di-jaga-perusahaan/