Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pengolahan Evaluasi Hasil Belajar Siswa


Abstract
Penggunaan teknologi sangat dibutuhkan karena dapat mempercepat dan mempermudah pekerjaan manusia akan tetapi tidak diimbangi dengan keterampilan dalam pengunaan teknologi. Hal ini dialami oleh guru-guru di SD IT dan PAUD IT Harapan Bunda terutama dalam pengolahan evaluasi hasil belajar siswa yang kesemuanya masih manual. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam penggunaan teknologi untuk mengoptimalkan pengolahan evaluasi hasil belajar siswa dengan teknik pendampingan adaptasi teknologi. Adapun metodologi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi tahap persiapan, pelaksanaan kegiatan dengan metode pelatihan dan pendampingan serta dilakukan evaluasi sebagai tolak ukur keberhasilan program. Kegiatan PKM dapat terlaksana dengan baik dengan pemberian materi (25%) dan tutorial (75%). Sementara luaran yang dicapai pada kegiatan ini adalah rata-rata peningkatan keterampilan dalam pengolahan nilai evaluasi belajar siswa menyatakan sangat setuju sebesar 91.25%.

Copyright (c) 2023 Gino Erman Agusta, Ningrum Astriawati, Prasetya Sigit Santosa, Waris Wibowo, Handoyo Widyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.