Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pengolahan Evaluasi Hasil Belajar Siswa

  • Gino Erman Agusta SMA IT Baitussalam
  • Ningrum Astriawati SEKOLAH TINGGI MARITIM YOGYAKARTA
  • Prasetya Sigit Santosa SEKOLAH TINGGI MARITIM YOGYAKARTA
  • Waris Wibowo SEKOLAH TINGGI MARITIM YOGYAKARTA
  • Handoyo Widyanto SEKOLAH TINGGI MARITIM YOGYAKARTA
Abstract Views = 35 times
PDF Indonesia DOWNLOADS = 20 times
Keywords: Adaptation, Learning Outcomes, Processing, Technology

Abstract

Penggunaan teknologi sangat dibutuhkan karena dapat mempercepat dan mempermudah pekerjaan manusia akan tetapi tidak diimbangi dengan keterampilan dalam pengunaan teknologi. Hal ini dialami oleh guru-guru di SD IT dan PAUD IT Harapan Bunda terutama dalam pengolahan evaluasi hasil belajar siswa yang kesemuanya masih manual. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam penggunaan teknologi untuk mengoptimalkan pengolahan evaluasi hasil belajar siswa dengan teknik pendampingan adaptasi teknologi. Adapun metodologi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi tahap persiapan, pelaksanaan kegiatan dengan metode pelatihan dan pendampingan serta dilakukan evaluasi sebagai tolak ukur keberhasilan program. Kegiatan PKM dapat terlaksana dengan baik dengan pemberian materi (25%) dan tutorial (75%). Sementara luaran yang dicapai pada kegiatan ini adalah rata-rata peningkatan keterampilan dalam pengolahan nilai evaluasi belajar siswa menyatakan sangat setuju sebesar 91.25%.

Published
2023-09-20
How to Cite
Agusta, G., Astriawati, N., Sigit Santosa, P., Wibowo, W., & Widyanto, H. (2023). Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pengolahan Evaluasi Hasil Belajar Siswa. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 3(2), 46 - 51. https://doi.org/10.36406/progresif.v3i2.1105
Section
Articles