Peranan Pembimbingan Matematika dalam Meningkatkan Kompetensi Matematika Siswa dan Efisiensi Keluarga

  • Lim Hendra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Ade Mulyati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Imran Zabidi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Imron Imron Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Dwi Windu Suryono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Abstract Views = 16 times
PDF Indonesia DOWNLOADS = 35 times
Keywords: Math, Online, Remote, Face to Face

Abstract

Pada masa pandemi, tidak semua anak dapat menyerap pelajaran secara optimal lewat    pembelajaran jarak jauh. Peserta kegiatan pengabdian masyarakat adalah siswa SMP Tarbiyah Ummah Tasikmalaya kelas 7 sebanyak 32 orang. Pembimbingan mata pelajaran matematika, pembimbingan secara langsung (tatap muka) dilakukan satu minggu sekali setiap hari Senin dalam jangka waktu satu bulan, menyampaikan materi dan memecahkan soal-soal. Selain itu siswa dapat bertanya via whatsapp group yang terdiri dari dosen dan mahasiswa STEI. Pada tanggal 19 Januari 2022 diadakan try-out untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi rasio, aritmatika sosial, diskon, tara dan perbandingan diberikan soal sebanyak 15 pertanyaan. Pilihan ganda 10 soal dan essay 5 soal. Soal diambil dari modul pembelajaran matematika SMP kelas 7 semester 2. Dari jawaban siswa yang terkumpul 16 orang dari 30 orang atau sekitar 53,33% memperoleh nilai ≥ 55 cukup bagus sehingga perlu ditingkatkan lagi.

Published
2022-08-11
How to Cite
Hendra, L., Mulyati, A., Zabidi, I., Imron, I., & Suryono, D. (2022). Peranan Pembimbingan Matematika dalam Meningkatkan Kompetensi Matematika Siswa dan Efisiensi Keluarga. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 2(2), 01 - 06. https://doi.org/10.36406/progresif.v2i2.658