Peranan Pembimbingan Matematika dalam Meningkatkan Kompetensi Matematika Siswa dan Efisiensi Keluarga
Abstract
Pada masa pandemi, tidak semua anak dapat menyerap pelajaran secara optimal lewat pembelajaran jarak jauh. Peserta kegiatan pengabdian masyarakat adalah siswa SMP Tarbiyah Ummah Tasikmalaya kelas 7 sebanyak 32 orang. Pembimbingan mata pelajaran matematika, pembimbingan secara langsung (tatap muka) dilakukan satu minggu sekali setiap hari Senin dalam jangka waktu satu bulan, menyampaikan materi dan memecahkan soal-soal. Selain itu siswa dapat bertanya via whatsapp group yang terdiri dari dosen dan mahasiswa STEI. Pada tanggal 19 Januari 2022 diadakan try-out untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi rasio, aritmatika sosial, diskon, tara dan perbandingan diberikan soal sebanyak 15 pertanyaan. Pilihan ganda 10 soal dan essay 5 soal. Soal diambil dari modul pembelajaran matematika SMP kelas 7 semester 2. Dari jawaban siswa yang terkumpul 16 orang dari 30 orang atau sekitar 53,33% memperoleh nilai ≥ 55 cukup bagus sehingga perlu ditingkatkan lagi.
Copyright (c) 2022 Lim Hendra, Ade Mulyati, Imran Zabidi, Imron Imron, Dwi Windu Suryono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.